Tuesday, April 26, 2016

Bagaimana Rasanya Menjadi Blogger Music, Serta Tips Mendapat Pengunjung

     Jaman sekarang siapa yang nggak tau blog?, di era teknologi yang semakin maju ini, internet sudah menjadi kebutuhan, Hampir semua orang bisa mengakses informasi yang ada diinternet. Gagasan ini yang awalnya mendorong gue untuk membuat blog sembari mengisi waktu luang. Sempet mikir awalnya, blog apa yang akan gue bikin supaya blog yang ringan, tapi bisa banyak mengundang pembaca. Tanya sana tanya sini, browsing sana browsing sini, akhirnya gue dapet beberapa niche blog yang paling banyak digemari pengunjung.


     Untuk yang nggak tau niche itu apa, niche tuh semacam konsep atau topik blog, seperti blog berita yang isinya tentang berita-berita, blog otomotif yang berisi tetang dunia otomotif atau blog kesehatan yang berisi tentang obat dan penyakit. Jadi lawannya blog niche adalah blog gado-gado, blog yang isinya apa aja ada. Bahkan bokep (baca: anu) juga ada.

     Setelah pikir panjang akhirnya gue berniat untuk membuat blog tentang musik EDM (Electronic Dance Music). Dengan tekad dan semangat yang membara, sambil berdoa. Blog musik gue pun dibuat, dan gue beri nama EDM Pits


(Logo EDM Pits)

     Bermodalkan niat dan pengetahuan tentang blogger dan kode-kodenya yang cetek. Gue mulai menulis entri pertama, kalian bisa lihat entrinya disini. Entri itu dibuat pada Junli 2015 lalu. Bulan pertama gue rajin ping, blogwalking, backlink, ngaji, tahajud, taaruf. Yup, hasilnya pengujung mulai ramai. Waktu itu gue seneng banget, rasanya pengen breakdance didepan ahok, saking senengnya.

     Bulan berlalu, pengunjung gue yang 1000 per minggu sekarang menjadi 1000 perhari. mengetahui perkembangan blog gue yang pesat, gue mulai menambahkan fasilitas link untuk download lagu

     Tapi, sayangnya link download lagu nggak begitu banyak pengunjung, mungkin mesin pencari masih banyak yang belum mengindex. Munculah ide gue untuk share link download nya ke semua media social yang gue punya, seperti Twitter, facebook, dan Google+. Ide iseng gue akhrinya membuahkan hasil, nggak lama, link downloadnya pun juga ramai.


     Mungkin disela cerita hangat ini, sebaiknya gue kasih tau tips supaya blog kalian banyak pengunjungnya. Siapin kertas dan pulpen kalian. Oke, pertama, niat. Tanpa niat semua hanya belaka #serahloedehpit. 

     Kedua, sabar dan konsisten. kenapa sabar? karna ga semua blog bisa langsung banyak pengunjung, kenapa konsisten? karna blog yang jarang bikin entri atau jarang berinovasi bakal tergilas dengan blog-blog yang mungkin pemiliknya lebih rajin dari kalian.

     Ketiga, lakukan blogwalking. Maksudnya melakukan kunjungan dan komen ke blog orang lain, agar di kunjung dan komentar balik. Cara ini yang gue terapkan selama ini. Kalian bisa minta blogwalking di forum-forum Blogger seperti di Facebook. Kelemahan blogwalking adalah traffic source/sumber pengujung berasal bukan dari search engine seperti Google, tapi dari media social yang kamu gunakan buat blogwalking. Tapi tenang, blogwalking juga bisa mendatangkan pengunjung dari search engine juga. Karna blog yang makin rame, makin dilirik sama mbah Google.

     Keempat, Backlink. Cara ini juga bisa mendatangkan pengunjung dengan menaruh link blog kalian di blog orang lain. Gue sendiri nggak menggunakan cara ini, karna gue nggak membuka backlink. Kenapa backlink bisa mendatangkan pengujung? Selain bisa di klik oleh pengunjung, link blog yang kalian tanam di blog orang lain juga bisa membuat robot mesin pencari lebih mengenal blog kalian. Apalagi kalau kalian menaruh backlink ke blog orang lain yang punya traffic baik.

     Terakhir, lakukan submit dan ping ke mesin pencari. submit dan ping tujuannya supaya entri kalian bisa terindex alias bisa dicari dari keywords yang dicari oleh pengujung. Kalo belom ngerti, gini deh. coba kalian masuk mbah Google dan ketik "lagu edm 2016". Kalian bisa lihat blog teratas ditempati oleh EDM Pits, kira-kira seperti itu. Makin blog kalian terindex, makin banyak pengunjung yang datang. Itu tujuan dari ping dan submit. Tapi kalian nggak boleh melakukan nya berlebihan, karna bisa kena google sandbox hingga banned. 
     

     Okay lanjut ke cerita. Akhirnya sampai saat ini blog gue sudah hampir setahun, trafficnya pun sangat memuaskan. Kadang gue juga pamer ke temen-temen.

Temen: Lagu-lagu yang enak sekarang apaan ya?
Gue: Liat aja di blog gua. 
Temen: ..

Kadang juga begini, 

Guru: Oiya nama kamu siapa, ibu lupa.
Gue: Apit bu.
Guru: Apit apa?
Gue: Apit blogger *sambil naikin kaki ke meja

Abis itu dipanggil kekantor.

     Ya jadi seperti itulah, suka duka menjadi blogger musik. Mungkin blog gue nggak masih kalah dengan blog-blog sesepuh yang sudah lama berkiprah #bahasanya didunia blog. Tapi selama gue masih ada, kalian nggak akan tenang #apaansi #gajelu.

     Akhir dari entri ini, semoga cerita gue bisa menjadi motivasi khususnya buat kalian yang baru bergabung didunia blog. Semoga bisa bermanfaat. Tetap semangat dan happy blogging^^


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Ask Apid. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.